akun riil dan nominal

Mengenal Apa Itu Akun Riil dan Akun Nominal

Tempat yang biasa digunakan untuk melakukan pencatatan transaksi dalam perusahaan dikenal dengan istilah akun. Secara umum akun dibagi menjadi dua, yaitu akun riil dan akun nominal.

Bagi yang belum paham terkait kedua akun tersebut, di sini akan diajak untuk mengenal apa itu akun riil dan akun nominal beserta komponen yang ada di dalamnya.

Ini penting bagi yang belajar akuntansilengkap dasar, agar nantinya tidak ada kesalahan penggolang yang terjadi di antara kedua akun tersebut. Jadi apa itu akun nominal dan akun riil serta apa saja komponen yang ada di dalamnya? Inilah beberapa di antaranya.

Akun Riil

Akun riil merupakan akun-akun yang ada di dalam neraca. Jika sudah paham terkait neraca tentu akan memahami komponen apa saja yang ada di dalam akun ini.

Tentunya komponen di dalam akun ini sama seperti komponen yang ada pada neraca, berikut beberapa di antaranya.

  1. Aktiva

Aktiva atau yang biasa dikenal dengan aset adalah seluruh harta perusahaan yang digunakan  dalam aktivitas perusahaan. Jadi keseluruhan harta yang nantinya terlibat dalam aktivitas perusahaan ini lah yang dinamakan dengan aktiva. Ada tiga jenis aktiva, inilah jenis-jenisnya.

  • Aktiva lancar adalah aktiva yang habis pakai dengan jangka waktu kurang atau maksimal satu tahun. Macam-macam aktiva ini mulai dari kas, persediaan hingga piutang,
  • Lalu kemudian ada aktiva tetap. Jenis aktiva yang satu ini merupakan aktiva yang pemakaiannya habis lebih dari satu tahun. Mesin, gedung sampai tanah termasuk dalam aktiva ini.
  • Terakhir ada aktiva lain-lain yang tidak dapat dimasukkan ke dalam aktiva tetap maupun aktiva lancar.
  1. Utang

Komponen ini secara umum dibagi menjadi dua jenis. Berikut adalah penjelasannya.

  • Pertama mengenai hutang jangka pendek. Hutang ini wajib dilunasi dalam jangka waktu kurang tidak lebih dari satu tahun. Hutang dagang, hutang gaji dan beberapa jenis hutang yang harus segera dibayar lainnya termasuk hutang jangka pendek.
  • Selanjutnya ada hutang jangka panjang, merupakan hutang yang pelunasannya dapat lebih dari satu tahun. Hutang yang satu ini mulai dari hutang obligasi, bank serta berbagai hutang lainnya.
  1. Modal

Terakhir bagian dari akun riil adalah modal. Perhitungan modal biasa diperoleh dari hasil pengurangan antara harta perusahaan dengan kewajiban. Ada beragam hal yang masuk dalam kategori modal, mulai dari tanah, simpanan, gedung hingga berbagai barang berharga.

Akun Nominal

Selanjutnya adalah mengenal apa itu akun riil dan akun nominal. Akun nominal merupakan akun-akun yang ada atau terdapat di dalam laporan laba rugi. Akun nominal terbagi menjadi beberapa bagian. Inilah bagian-bagiannya.

  1. Pendapatan

Pertama yang termasuk dalam akun nominal adalah pendapatan. Pendapatan sendiri merupakan keuntungan yang didapat dari hasil operasional perusahaan. Pendapatan terbagi menjadi dua, yaitu pendapatan usaha dan di luar usaha.

  • Definisi pendapatan usaha adalah pendapatan yang diperoleh dari kegiatan produksi yang dilakukannya. Contoh pendapatan usaha adalah pendapatan penjualan.
  • Pendapatan di luar usaha adalah pendapatan yang diperoleh di luar kegiatan operasional. Contoh pendapatan di luar usaha adalah pendapatan dari hasil sewa.
  1. Beban

Pendapatan yang diperoleh suatu perusahaan jika dikurangkan dengan beban hasilnya adalah laba bersih. Namun, laba bersih ini masih laba sebelum pajak. Ada banyak macam beban, mulai beban operasional, pendapatan serta berbagai beban lainnya.

Nah, kini kita sudah  mengenal apa itu akun riil dan akun nominal. Tak hanya definisi dari kedua hal tersebut, Anda juga diajak mengenal komponen-komponen yang ada pada kedua akun tersebut. Jadi sudah tidak bingung lagi, bukan?