jenis jenis akuntansi

3 Jenis Akuntansi Yang Harus Kamu Tahu

Ada beberapa jenis akuntansi yang perlu di ketahui diantaranya:

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan adalah kegiatan menyusun laporan keuangan dalam 1 periode. Laporan keuangan yang disusun meliputi pembuatan laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Laporan keuangan tahunan pada perusahaan tersebut biasanya akan di audit oleh pihak perusahaan eksternal. Audit ini berfungsi untuk transparansi dan pertanggungjawaban perusahaan kepada pemerintah, kepada peminjam modal atau kepada publik.

Setiap perusahaan diwajibkan untuk audit laporan keuangan adalah menilai keabsahan laporan keuangan yang dibuat. Karena laporan keuangan akan digunakan oleh investor misalnya, untuk melihat kemampuan dan kesehatan perusahaan supaya mereka tidak ragu untuk membeli saham dan melakukan investasi.

Akuntansi manajemen

Akuntansi manajemen masih menggunakan banyak data yang sama dengan akuntansi keuangan, tetapi ada perbedaan dalam hal mengatur dan menggunakan informasi.

Perbedaannya adalah, akuntansi manajemen bisa membuat laporan pada periode bulan atau janga triwulan. Menfaat laporan keuangan dari akuntansi manajemen adalah untuk embuat keputusan tentang bagaimana bisa menjalankan bisnis dengan baik dan efisien oleh manajemen perusahaan.

Akuntansi biaya

Akuntansi biaya adalah proses akuntansi yang bisa membantu manajemen perusahaan untuk menetapkan dan mengelola biaya-biaya yang ada. Biaya yang dimaksud adalah biaya yang dikeluarkan dalam proses memproduksi suatu barang atau produk.

Informasi tentang biaya yang bersumber dari akuntansilengkap ini digunakan oleh manajer, ketua departemen, seorang analis dan akuntansi untuk menentukan harga yang sesuai untuk produk mereka.

Perbedaan akuntansi biaya dan akuntansi keuangan dalam memandang uang adalah, jika dalam akuntansi biaya, uang berfungsi sebagai faktor ekonomi dalam produksi, sedangkan dalam akuntansi keuangan, uang dianggap sebagai ukuran kinerja ekonomi perusahaan.

Persyaratan atau standar untuk Akuntansi

Pada umumnya ada standar prinsip akuntansi yang harus dipatuhi oleh seorang akuntan, seperti halnya di Amerika menggunakan standar GAAP.

GAAP adalah perangkat standard an prinsip akuntansi yang berfungsi untuk meningkatkan komparabilitas dan konsistensi pelaporan keuangan lintas industry.

Standar tersebut mengikuti sistem akuntansi double entry.

double entry adalah metode pencatatan ganda dimana setiap terjadi suatu transaksi, maka aka nada 2 akun yang terpengaruh untuk dimasukkan dalam debit dan kredit buku besar untuk kemudian dipindahkan ke laporan neraca dan laba rugi.

Contoh Pencatatan Transaksi Akuntansi

Untuk memahami akuntansi sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal memahami alur transaksi kira-kira apa yang akan bertambah dan apa yang akan berkurang.

Misalnya, ada penagihan faktur ke pelanggan senilai Rp 500 ribu. Sebelum pembayaran, akuntan mencatatnya sebagai penambahan pituang, setelah ditagih pelanggan membayar, sehingga pituang berkurang, jadi tabelnya seperti berikut:

KeteranganDebitKredit
KasRp 500.000 
        Piutang Rp 500.000

Total dari masing-masing kolom debet dan kredit harus seimbang. Apabila ada selisih atau berbeda, maka ada kesalahan.

Sumber: https://www.akuntansilengkap.com/