tips liburan hemat

Tips Liburan Hemat Supaya Habis Liburan Ga Tambah Pusing

Setelah menjalani aktifitas pekerjaan sehari-hari sebaiknya kamu juga luangkan waktu untuk liburan. Minimal satu kali dalam sebulan.

Disamping itu, liburan dipercaya dapat mengurangi tingkat stress dan menambah kreatifitas loh. Tapi jangan sampai manfaat liburan untuk menghindari stress malah membuat kamu pusing karena biaya liburan yang tidak sedikit.

Simak liburan murah berikut ini.

Rencanakan Dana Liburan

Supaya perjalanan liburan kita hemat dan tidak boros, sebaiknya rencanakan dulu budget liburan kamu. Sebabnya jika kamu tidak merencanakan, dikhawatirkan budget kamu akan habis sebelum liburan usai.

Apa saja biaya yang sebaiknya direncanakan?

Kamu bisa atur porsi dari biaya transportasi, tiket masuk ke tempat wisata, biaya untuk makan, biaya penginapan, dan biaya tak terduga.

Biaya transportasi, kemana saja anda akan pergi, dan perhitungkan biaya setiap naik angkutan di perjalanannya.

Tiket masuk wisata. Cari di internet, berapa biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke tempat wisata yang mau kamu tuju.

Biaya makan. Sebaiknya cari tempat makan yang murah dan sehat. Kamu bisa coba masak sendiri saat liburan. Cukup membawa alat2 masak yang portable sehingga ringan dibawa.

Biaya penginapan. Setelah menentukan berbagai tujuan lokasi wisata. Anda bisa cari di berbagai platform pemesanan penginapan secara online. Disana akan tertera daftar harga dan fasilitasnya. Manfaatkan itu, dan atur budget liburan kamu.

Biaya tak terduga. Apapun yang kamu lakukan di daerah lain, tentu akan beresiko karena kamu sedang berada di tempat baru, dengan lingkungan baru dan lainnya. Persiapkan dana tidak terduga, seperti ongkos transportasi yang tiba-tiba naik. Atau biaya kesehatan lain.

Buat Perjanjian Dengan Teman Liburan

Adakan pertemuan kepada teman dan sahabat yang akan pergi bersama kamu untuk liburan. Ajak mereka untuk mendiskusikan perjalanan, apa saja keperluannya, berapa biayanya, kapan liburan akan terjadi.

Itu semua dilakukan supaya menghindari kesalahan komunikasi. Tekankan kepada semuanya untuk menghindari ego masing-masing saat liburan. Karena setiap orang punya pemikiran nya masing-masing.

Pastikan mereka juga didengarkan pendapatnya. Dari pertemuan itu pasti akan tercipta daftar perjalanan yang aman dan menyenangkan.

Ajak mereka untuk mempersiapkan semuanya, mulai dari kesehatan pribadi, kebutuhan makanan dan obat-obatan.

Jangan lupa, terkadang ada orang yang tidak menyukai jenis makanan tertentu, sehingga menimbulkan alergi. Sudah sepatutnya mereka juga menyerahkan daftar hal-hal yang sebaiknya dihindari selama liburan.

Bawa Peralatan Sendiri dari Rumah

Bawa peralatan umum dari rumah, fungsinya untuk meminimalisir membeli barang-barang yang sebenarnya sudah kita punya.

Dengan membawa perlatan sendiri, perjalanan kita akan lebih hemat.

Barang apa saja yang perlu dipertimbangkan?

Bawalah barang seperti botol minum, sandal, topi, jaket, paying dan lainyya.

Coba hitung, berapa pengeluaran yang bisa kita cegah dengan membawa barang dari rumah sendiri.

Alih-alih membeli barang yang tidak perlu, kita bisa alokasikan dana tersebut untuk ke tempat wisata yang lain, atau membeli oleh-oleh khas daerah lain.

Itu malah lebih bisa berkesan, sehingga kita punya kenang-kenangan dari daerah wisata yang sudah kita tuju. Itu akan membuat rindu kembali liburan ke sana.

Bawa Uang Tunai Yang Cukup

Dengan membawa uang tunai, pengeluaran lebih terlihat. Kamu bisa perkirakan berapa uang yang tersisa di dompet. Sebaiknya hindari kartu kredit, disamping tidak semua toko menyediakan layanan pembayaran via kartu kredit, kamu juga akan sulit untuk mengecek pengeluaran kamu.

Bayangkan saja kamu hanya ingin membeli cemilan ringan khas suatu daerah di toko pinggir jalan, tapi kamu hanya mempunyai kartu kredit di tangan, tentu akan menyulitkan.

Tapi untuk jaga-jaga, kamu tetap harus membawanya. Kita tidak pernah tau, transportasi di luar daerah sedang menyediakan promo untuk turis. Kita bisa manfaatkan untuk itu. Kalo ini malah bisa menguntungkan kita.

Cari Tempat Makan Yang Ramah Kantong

Untuk urusan makanan, biasanya orang punya seleranya masing-masing. Jika tujuannya untuk liburan hemat, sebaiknya hindari tempat-tempat makan yang terlihat mewah. Kamu bisa coba ke warung nasi kecil atau warteg. Biasanya kamu akan menemukan menu sayuran dari desa yang segar, ditambah porsi yang biasanya banyak, bahkan ada warteg yang menyediakan layanan prasmanan, atau ambil sendiri.

Sumber: https://infolpg.com/